Selasa, 18 Oktober 2011

Buah Pisang Dapat Menumbuhkan Rasa Bahagia!

klinik kesehatan - Pisang merupakan salah satu buah yang paling umum, paling mudah didapat dan paling murah juga. Tapi apakah Anda tahu bahwa pisang ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi Anda. berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi ini.
1. Pisang dapat menumbuhkan rasa bahagia!
Pisang mengandung jenis protein yang disebut triptofan yang diubah menjadi serotonin oleh tubuh kita. Kita semua tahu serotonin adalah zat yang dapat menimbulkan relaksasi, meningkatkan mood dan umumnya membuat kita bahagia. Jadi jika suatu saat Anda sedang merasa down, cobalah untuk mengkonsumsi pisang dan siapa tahu Anda akan merasa lebih baik dalam waktu singkat.
2. Pisang dapat memulihkan efek mabuk.
Jika saat ini Anda merasa tidak fit karena semalam berpesta dan mabuk karena terlalu banyak minum alkohol, maka ambilah beberapa buah pisang atau minum jus pisang untuk memulihkannya. Pisang mengandung beberapa zat yang dapat menetralisir perut Anda dalam waktu singkat.
3. Pisang dapat menurunkan stres.
Ketika kita sedang stres atau panik, metabolisme tubuh kita meningkat dan kadar kalium didalam tubuh pun mengalami penurunan. Pisang dapat meingkatkan kembali kadar kalium yang berkurang karena pisang mengandung kalium dalam jumlah yang banyak. Dan pada saat yang sama pisang juga mampu menormalkan detak jantung serta meningkatkan aliran air dan oksigen dalam darah.
Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi.
Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh.
Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.
Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).
Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.
Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.
Sumber : skinbeautifulblog.wordpress.com, id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.