Jumat, 04 Maret 2011

Jangan Ragu Untuk Memulai Bisnis Online

Statistik menunjukan bahwa pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Dengan pertumbuhan pengguna internet yang pesat tersebut, membuat bisnis online di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar pula.

Seperti halnya bisnis yang menggunakan media konvensional pada umumnya, memulai bisnis di internet / bisnis online juga memerlukan pengetahuan dasar yang cukup dan modal finansial. Namun bedanya, untuk memulai bisnis online hanya memerlukan modal finansial yang relatif kecil dan ilmu yang tidak terlalu rumit. Yang anda perlukan hanyalah kreativitas dan ketekunan.

Secara teknis hal-hal yang anda perlu lakukan untuk memulai bisnis secara online adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan produk atau jasa yang akan anda jual.
Untuk hal yang satu ini sebaiknya Anda sesuaikan dengan hobi atau sesuatu yang anda sukai agar Anda enjoy menjalankannya. Seperti berbisnis towel cake atau kerajinan tangan lain yang mudah dikerjakan dan dapat digunakan sebagai hiasan atau souvenir pernikahan.
  1. Memilih rekan kerja pendukung
Rekan kerja yang dimaksud antara lain:

a. Suplier
Pilihlah suplier yang dapat mendukung kelancaran produksi barang/jasa yang akan Anda jual. Memilih suplier merupakan perkara yang gampang-gampang susah, Anda harus benar-benar teliti dalam menentukannya. Pastikan Anda memiliki beberapa alternatif suplier agar produksi tetap berjalan jika ada hambatan pada salah satu supplier.

b. Jasa Pengiriman
Menjalankan bisnis online tidak akan terlepas dari proses pengiriman, karena konsumen Anda tentu akan berasal seluruh wilayah yang tersebar luas dimana terdapat akses internet. Dalam memilih dan menentukan perusahan jasa pengiriman pun sama halnya dengan memilih suplier yang gampang-gampang susah. Selalu teliti dan lakukan komparasi.
  1. Lakukan survei pasar
Hal ini untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar dan seberapa besar kompetitor yang akan Anda hadapi serta untuk menentukan harga yang kompetitif dan pas untuk produk/jasa yang akan Anda pasarkan.

Dalam melakukan survei pasar ini Anda tidak perlu menggunakan metode yang rumit dan 'njlimet, cukup cari tahu dengan menggunakan search engine yang umum digunakan seperti google.com, bing.com dan lain-lain.
  1. Pilih media yang mudah dan murah.
Media sosial seperti facebook, kaskus, blog atau portal iklan gratis dapat menjadi pilihan utama yang sangat baik untuk memulai bisnis Anda. Selain mudah dan murah untuk digunakan, media tersebut memiliki pangsa pasar yang cukup luas dan beragam.
  1. Mulailah saat ini juga.
Jangan terlalu sibuk dengan pembuatan konsep yang berlarut-larut. Just be simple and start now.

Demikian dan semoga bermanfaat. -ori.iwngnwn-

Informasi ini dipersembahkan oleh karir Klasika (http://ster1.karir.com), layanan iklan online karir.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.