Kamis, 10 Maret 2011

Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara merupakan salah satu proses/tahapan seleksi yang wajib dilalui ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan. Pada umumnya proses tersebut dilakukan setelah perusahaan menerima dan mempelajari surat lamaran yang Anda kirimkan sebelumnya.

Proses wawancara dilakukan guna mengetahui/menilai pribadi pelamar secara langsung. Penilaian pada umumnya dilakukan melalui penampilan, cara berbicara, gesture/gerak tubuh ketika berbicara, cara bertanya, cara menjawab pertanyaan dan lain sebagainya.
 
Agar proses wawancara berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan, maka persiapkanlah selalu diri Anda untuk menghadapinya. Baca kembali apa yang telah Anda tuliskan pada surat lamaran kerja yang telah Anda kirimkan, agar tidak terjadi ketidaksesuaian informasi antara apa yang telah Anda tuliskan dengan apa yang akan Anda sampaikan. 

Persiapkan juga jawaban dan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan dalam proses wawancara kerja. Jangan pernah meremehkan pertanyaan yang disampaikan oleh si pewawancara meskipun terdengar sederhana. Ingat, bukan hanya jawaban yang benar dan sesuai dengan diri Anda yang akan dinilai tetapi juga bagaimana cara Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
 
Berikut beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan dalam proses wawancara kerja:
 
1.Sampaikan Identitas dan data diri Anda?
2.Bagaimana Anda menggambarkan diri anda?
3.Menurut Anda apa kelemahan dan kekurangan yang Anda miliki?
4.Darimana Anda mendapatkan informasi tentang perusahaan ini?
5.Apa yang Anda lakukan jika Anda diterima bekerja di perusahaan ini?
6.Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan lama Anda?
7.Apa yang membuat Anda tertarik untuk bekerja disini?
8.Berapa gaji yang Anda harapkan?
9.Kapan Anda siap untuk bekerja?

Pertanyaan-pertanyaan di atas bukan merupakan pertanyaan yang baku, namun setidaknya dapat menjadi gambaran bagi Anda agar dapat mempersiapkan diri untuk menjawabnya. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dengan singkat, padat dan jelas tanpa harus bertele-tele.

Wawancara kerja merupakan tahapan yang sangat menentukan dalam proses melamar sebuah pekerjaan, karena pada tahap inilah ditentukan keputusan apakah Anda akan diterima atau ditolak. Namun, Anda tidak perlu takut/khawatir pada saat akan menghadapinya, karena pada dasarnya pada tahap inilah Anda memiliki kesempatan untuk menunjukan secara langsung mengenai pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan berbagai kelebihan yang Anda miliki untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda layak untuk menempati lowongan pekerjaan yang tersedia. Semoga bermanfaat. -ori.iwngnwn-


Informasi ini dipersembahkan oleh fitur Learning & Education layanan informasi pendidikan karir.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.