Kamis, 29 September 2011

Bursitis; Peradangan Pada Siku Dan Sendi

Produk kesehatan - Bursitis adalah peradangan pada bursa yang disertai rasa nyeri, bursa itu sendiri adalah kantung berisi cairan yang terletak di dekat sendi.
Keterangan
Ada sekitar 150 bursae (bentuk jamak dari bursa) di seluruh tubuh. Bursae berperan sebagai bantal pergerakan sendi yang berupa bungkusan seperti gelembung udara.
Terletak dekat tendon sendi, bursae mengurangi gesekan antara tulang dan tendon, membuat sendi fleksibel dan mudah untuk bergerak. Bursae tidak berisi udara, tetapi berisi cairan pelumas bening yang disebut cairan sinovial.
Bursitis terjadi ketika bursa mengalami peradangan. Kadang-kadang peradangan ini menyebabkan bursa memproduksi cairan lebih banyak sehingga menyebabkan membengkak. Karena bursa berada di setiap sendi pada tubuh, maka bursitis dapat berpotensi muncul di bagian tubuh manapun. Bagian yang paling umum terserang bursitis adalah bahu, pinggul, siku, lutut, pergelangan kaki, pantat, dan kadang-kadang ibu jari atau jari kaki.
masing-masing bagian tubuh memiliki jenis peradangan yang berbeda sehingg pengobatan dan terapi yang diperlkan pun berbeda-beda.
Berikut beberapa jenis Bursitis berdasarkan pada bagin tubuh yang terserang.
Bursitis pada Bahu
Bursitis di bahu disebut radang kandung lendir (bursitis subdeltoid) atau subacromial dan mungkin lebih kompleks dari hanya sekedar peradangan bursa. Kondisi ini terjadi ketika manset rotator (otot dan tendon bahu) mengalami peradangan dan mulai membengkak diantara tulang bahu. Hal ini dapat menyebabkan bursa ikut meradang dan oleh karena itu terjadi bursitis bahu.
Bursitis pada Pinggul
Ada dua jenis bursitis pinggul. Bursitis trochanterica yang terjadi pada sisi pinggul dan paha serta Bursitis iskia (disebut ischiogluteal bursitis) yang mempengaruhi dasar pinggul dan bokong.
Bursitis pada Lutut
Bursitis pada lutut dapat ditemukan di dua wilayah lutut. Bursitis Prepatellar terletak di depan tempurung lutut. Bursitis anserine pes terjadi di sisi dalam dari lutut di bawah sendi lutut. Otot-otot ini yang memungkinkan lutut menekuk dan memfasilitasi penyeberangan melintasi kaki.
Bursitis pada Siku
Disebut bursitis olekranon, kondisi ini ditemukan di siku.
Bursitis pada Pergelangan Kaki
Bursitis pergelangan kaki dapat bermacam-macam. Salah satu yang paling umum disebut tendon Achilles bursitis. Peradangan terjadi di bursa sepanjang Achilles tendon yang berjalan di sepanjang bagian belakang dari tumit hingga pergelangan kaki.
Dapatkan info lain mengenai klinik kesehatan di http://www.karirklasika.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.