Jumat, 15 Oktober 2010

Pemakaian Besi Baja Dalam Membuat Jembatan

Pembangunan jembatan sudah mengambil banyak bentuk struktural dari tahun ke tahun. Artikel konstruksi ini berhubungan dengan pemakaian besi baja dalam membuat jembatan dan keuntungannya/ kelemahannya jika dibandingkan dengan beton. jembatan yang dapat dilalui bisa digolongkan berdasarkan fungsinya seperti jalan raya, jalan kereta api, pejalan kaki,jembatan dan semacamnya. Mereka secara struktur dapat dibagi ke dalam kategori dari baja atau beton.

Keuntungan memakai material besi/ baja daripada beton

Selain kapasitas baja untuk menahan beban berat selama masa layan, perencanaan juga harus memasukkan faktor arsitektur. berdasarkan pertimbangan itu, jembatan baja menawarkan beberapa keuntungan daripada beton.

Ada beberapa pertimbangan mengapa jembatan baja mempunyai nilai ekonomis daripada jembatan beton.

1. Besi baja mempunyai kuat tarik dan kuat tekan yang tinggi, sehingga dengan material yang sedikit bisa memenuhi kebutuhan struktur.

2. Keuntungan lain bisa menghemat tenaga kerja karena besi baja diproduksi di pabrikm dilapangan hanya ereksi pemasangannya saja.

3. Setelah selesai masa layan, besi baja bisa dibongkar dengan mudah dan dipindahkan ke tempat lain, setelah masa layan, jembatan baja bisa dengan mudah diperbaiki dari karat. dll yang menyebabkan penurunan kekuatan strukturnya.

4. Pemasangan jembatan baja di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan jembatan beton. dan memerlukan suatu ruang yang relatif kecil di lokasi konstruksi. Ini adalah salah satu keuntungan dari jembatan baja ketika lokasi itu berhubungan dengan lokasi proyek padat dan sempit.

Kelemahan memakai material besi/ baja daripada beton

1. bisa berkarat
2. lebih berisik jika dilewati beban seperti kereta api.

Karena itu ada penelitian dan pengembangan untuk masalah ini yaitu mengembangkan baja mutu tinggi tahan korosi yang sangat berguna jika jembatan berada di daerah laut yang kadar garamnya tinggi. Utnuk mengatasi kebisingan , maka dikembangkan beton komposit dengan baja di atas permukaannya, sehingga bisa menurunkan tingkat kebisingan.

Jembatan baja dapat dikhususkan untuk dibengkokkan atau disesuaikan dengan kondisi-kondisi di lapangan dengan sempurna. Di mana lokasi berisi sebagian besar dari lumpur dan bumi lemah, konstruksi dari suatu jembatan baja dapat dilakukan dengan mudah dan aman karena berat baja hanya 25 - 35 % dari bobot mati struktur beton yang setara.

Salah satu keuntungan besi baja dalam masalah keamanan strukturnya adalah besi baja mempunyai kekuatan struktur yang pasti bila dibandigkan dengan beton yang kekuatan strukturnya berubah berdasarkan campuran semen dan airnya. Karena diproduksi di pabrik, besi baja mempunyai kualitas yang seragam dan ketelitian ukuran yang tinggi daripada beton. (Sumber: untarconstruction.com)

Dapatkan info mengenai toko bahan bangunan, produk atap baja ringan dan lain-lain di http://ster1.karir.com/.

1 komentar:

  1. kalau perlu hitung besi gan... bisa mampir di zulkadri.blogspot.com

    BalasHapus

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.