Rabu, 10 November 2010

Rawat Aki Mobil: Salah Satu Komponen Penting

  1. Aki merupakan salah satu komponen vital, baik di mobil maupun motor. Bila sampai rewel, mesin kendaraan jadi susah dihidupkan. Penyebabnya, sepele karena kurang perhatian dan perawatan. Apa pun teknologinya, aki tetap butuh perhatian dan perawatan. Seperti di bawah ini kah yang sudah Anda lakukan?
  1. Kalau ganti aki, sesuaikan ukuran ampere dengan standarnya. Kalau mau menaikkan satu ukuran aki dari standarnya. Kecuali bila mobil sudah dijejali peranti audio.
  1. Sesuaikan tinggi aki dengan standarnya. Tidak disarankan mengganti dengan bodi lebih tinggi, sangat berbahaya. Bila menutup kap mesin, takut kutub akia (+) dan (-) bisa menimbulkan percikan api.
  1. Kalau membuka aki, dahulukan kutub (-) lalu (+). Sebaliknya, saat memasang, dahulukan kutub (+) baru (-). Tujuannya, agar tidak terjadi korsleting.
  1. Lakukan pengecekan aki agar selalu berada di antara upper dan lower level. Jika berada di bawah upper bisa menyebabkan cepat soak dan sel menjadi rusak bila sampai kering sekali. Pengisian dilakukan saat msin masih dingin (pagi hari).
Sumber : Kompas

Dapatkan info lain mengenai bengkel modifikasi mobil & bengkel modifikasi motor di http://ster1.karir.com/.

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.