Senin, 15 Agustus 2011

Atur Pola Diet untuk Mencegah Penyakit Jantung


Produk Kesehatan - Setidaknya ada 8 cara diet untuk mencegah penyakit jantung. Mengubah kebiasaan makan yang tidak sehat memang sulit, tapi mulailah belajar dengan strategi diet untuk mendapatkan jantung yang sehat.
 
Meskipun banyak orang tahu bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tetapi sering sulit untuk mengubah kebiasaan makan tersebut. Mengetahui makanan yang baik dan membatasi porsi makan, maka dapat melindungi jantung dari penyakit jantung.
 
1. Batasi lemak jenuh dan kolesterol
Membatasi berapa banyak lemak jenuh dalam makanan yang dikonsumsi adalah langkah yang paling penting untuk mengurangi kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit arteri koroner. Tingkat kolesterol pada darah yang cukup tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
 
Cara terbaik untuk mengurangi lemak jenuh adalah untuk membatasi jumlah lemak padat, seperti mentega, mengurangi jumlah lemak jenuh dengan memotong lemak dari daging atau memilih daging yang memiliki kurang dari 10 persen lemak. Bisa juga memeriksa beberapa label makanan atau makanan ringan, yang dibuat dengan minyak yang mengandung lemak jenuh.
 
Pilih jenis lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak canola. Lemak tak jenuh juga ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, yang dapat menjadi pilihan yang baik untuk diet jantung sehat.
 
2. Pilihlah sumber protein yang low fat (rendah lemak)
Ikan merupakan alternatif yang baik sebagai pengganti daging tinggi lemak. Beberapa jenis ikan dapat membuat jantung lebih sehat karena kaya akan omega 3, yang dapat menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Sumber omega 3 tertinggi ditemukan dalam ikan air dingin, seperti salmon, mackerel dan herring. Sumber-sumber lain adalah biji rami, kenari, kedelai dan minyak canola.
 
3. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral, mereka rendah kalori dan kaya serat makanan. Sayuran dan buah juga mengandung zat yang ditemukan dalam tumbuhan yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.
 
4. Tambahkan biji-bijian ke dalam menu sehari-hari
Biji-bijian merupakan sumber yang baik dari sumber serat dan nutrisi lainnya yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Untuk meningkatkan diet jantung sehat juga dapat menggunakan produk biji-bijian olahan.
 
5. Kurangi sodium (garam) dalam makanan
Makan dengan kandungan natrium tinggi dapat berkontribusi menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular. Mengurangi natrium merupakan bagian penting dari diet jantung sehat.
 
6. Mengontrol porsi makanan
Mengontrol ukuran porsi juga memainkan peranan penting untuk jantung sehat diet.
 
7. Buat menu sehari-hari
Membuat menu sehari-hari menggunakan enam strategi yang tercantum di atas.
 
8. Biarkan diri Anda tidak mematuhi aturan-aturan dari diet sekali-sekali
Sejumlah permen atau keripik kentang tidak akan membuat Anda langsung mengalami serangan jantung.
source
Dapatkan info lain mengenai klinik Kesehatan di http://klasika.karir.com

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.