Selasa, 03 Januari 2012

Baca Buku Agar Cerdas

Sering tak ingat apa dan bagaimana buku yang belum lama selesai Anda baca? Maksimalkan aktivitas membaca buku agar dapat mengasah daya berpikir dan memperkaya pengetahuan Anda dengan tips berikut ini.
Gunakanlah teknik kontemplatif saat membaca buku. Artinya, catat setiap bagian menarik dalam buku. Misalnya, Anda bisa mencatat dialog atau bagian narasi yang menarik dari buku fiksi. Sedangkan, untuk non fiksi, catat teori atau kesimpulan si penulis pada bagian kosong buku, misalnya di pinggir halaman yang sama dengan kutipan yang Anda dapatkan. Maka dari itu, selalu siapkan pensil atau pulpen saat membaca buku.
Selanjutnya, cobalah untuk membuat mind mapping, untuk mempolakan inti dari buku yang dibaca. Teknik ini terutama efektif untuk jenis buku nonfiksi. Teori atau kiat-kiat yang ditulis di dalamnya akan lebih mudah diingat dengan mind mapping.
Akhirnya, jangan lupa mengasah daya pikir Anda untuk menuliskan ide berdasarkan kutipan yang Anda buat. Catatan dari buku yang dikutip bisa menginspirasi Anda untuk melakukan sesuatu, yang mengarahkan kepada hal yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Hallo sob, mohon dukungannya ya untuk kontes Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 dan juga Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1, Terima Kasih.